Ki-ka: GM of Communication & Public Facility PT Semen Padang Iskandar Z. Lubis, President Director PT HIN Iswandi Said, dan Marketing Development Department Head Wealth Mangement Division Sri Soekminiarni. (Foto: Silvia Galikano)

Sekitar 1500 peserta akan memeriahkan Padang KulineRun 2017, start dan finish di taman depan Grand Inna Padang, Padang, Sumatera Barat pada 24 September 2017.

Acara yang diadakan PT Hotel Indonesia Natour (Persero)/HIN dan PT Semen Padang ini memadukan olahraga lari dengan wisata kuliner. Para peserta akan berlomba sambil menikmati ikon pariwisata kota Padang yang sebagian besar kawasan pantai, yaitu Pantai Padang, Pantai Muaro Lasak, Pantai Tugu Perdamaian, Museum Adityawarman, kawasan Pondok, dan Tugu Nol Kilometer Padang (depan hotel Grand Inna Padang).

Seusai lomba para peserta akan dapat menikmati berbagai sajian kuliner khas Minang, termasuk dari 40 UMKM dan Hotel Grand Inna Padang yang menyiapkan lontong gulai khas Padang, bubur kampiun, dan lamang tapai. Di jalan depan hotel akan didirikan tenda besar makanan UMKM.

Padang KulineRun 2107 dibagi dalam kategori jarak, yakni  2,5K, 5K, 10K, dan Family Run dengan hadiah sebesar Rp35 juta dan berbagai hadiah lainnya. Seribu pelari akan dibukakan rekening bank BTN dengan saldo Rp50 ribu, kartu prabayar Blink Bank BTN, serta asuransi proteksi dengan pertanggungan sampai dengan Rp20 juta.

Direktur Utama PT HIN Iswandi Said menyatakan saat jumpa wartawan di kantor HIN di Jakarta, Senin, 11 September 2017, “Sport tourism ini mengangkat budaya lokal Minangkabau, khususnya budaya kulinernya, dan memperkenalkan keindahan kota Padang sebagai destinasi wisata. Diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan Nusantara dan wisatawan asing.”

Bertepatan dengan Padang KulineRun 2017, akan dilaksanakan juga peresmian Padang Convention Centre di Grand Inna Padang yang merupakan convention centre terbesar di Sumatera Barat yang dapat menampung tamu hingga 2000 orang.

KulineRun dibuat untuk memperingati hari jadi Kota Padang 7 Agustus sekaligus menyambut Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day) 26 September. Dukungan diberikan pula oleh Kementerian BUMN, Gubernur Sumatera Barat, Dinas Kepariwisataan Sumatera Barat, PT Pegadaian, Bank BTN, dan Garuda Indonesia. Pendaftaran secara online dan offline masih dibuka. Kini angka pendaftarnya mendekati 800 orang, termasuk peserta dari Penang, Malaysia.

Acara ini akan menjadi KulineRun pertama. Tahun lalu, HIN menggelar Medan Heritage 10K yang berhasil mendongkrak tingkat hunian hotel Grand Inna Medan hingga 60 persen dan bertahan sampai sekarang. Malioboro KulineRun rencananya akan diadakan tahun depan di Yogyakarta.

PT Hotel Indonesia Natour (Persero)/HIN adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pelayanan jasa perhotelan dan kini memiliki nama bisnis/komersial Inna Hotels & Resorts. PT HIN didirikan pada 5 Agustus 1962, bertepatan dengan peresmian Hotel Indonesia Jakarta oleh Presiden RI Sukarno.

HIN melaksanakan program transformasi perusahaan 2017-2021. Pada 28 September 2016 Menteri BUMN Rini Soemarno membentuk konsolidasi seluruh hotel yang dimiliki BUMN dalam sinergi Hotel Indonesia Group (HIG), dengan HIN sebagai koordinator.

HIN memiliki 14 unit hotel dan resort di Bali, Jawa, dan Sumatera, yakni Inaya Putri Bali Nusa Dua, Grand Inna Kuta, Grand Inna Padang, Grand Inna Bali Beach, Grand Inna Malioboro, Grand Inna Tunjungan, Grand Inna Samudra Beach, Grand Inna Medan, Inna Bali Beach Garden, Inna Bali Beach Resort, Inna Tretes Hotel & Resort, Inna Parapat Hotel & Resort, Inna Sindhu Beach Hotel & Resort, dan Inna Bali Heritage Hotel.