Pasar Kreasi Indonesia
Bpk. Enggartiasto Lukita, Menteri Perdagangan Republik Indonesia, di Pasar Kreasi Indonesia (sumber: penyelenggara)

Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Plaza Indonesia menggelar program Pasar Kreasi Indonesia yang berlangsung 21 Agustus – 24 September 2017 di Plaza Indonesia, Jakarta. Acara ini diikuti oleh 31 perusahaan terseleksi.

“Kehadiran Pasar Kreasi Indonesia bertujuan memberikan ruang bagi para pelaku usaha kreatif untuk mengembangkan serta mempromosikan produk bernilai tambah di pusat perbelanjaan,” jelas Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat membuka acara hari Rabu, (30/8), di Plaza Indonesia, Jakarta.

Menurut Mendag, selain dibina dan diberikan pemahaman tentang pasar, produk kreatif Indonesia juga perlu diberikan kesempatan untuk meraih akses pasar dan berpromosi. Dengan demikian, akan mendorong pelaku usaha kreatif Indonesia mengembangkan bisnisnya agar terus berupaya berkreasi, membaca, serta menciptakan tren desain dan berkarya,” kata Enggartiasto.

Pasar Kreasi Indonesia, lanjut Enggar, menghadirkan ragam kategori produk untuk mengarahkan pelaku usaha agar siap masuk dalam strategi bisnis yang berorientasi kepada kegiatan ekspor. Para pelaku usaha yang terseleksi ini merupakan representasi dari beragam produk kreatif bernilai tambah Indonesia mulai dari kain tradisional khas Indonesia, fashion hingga dekorasi rumah dan mebel. Hasil karyanya dapat ditemui di lantai 3 dan 4 Plaza Indonesia.

Pasar Kreasi Indonesia
Produk Pasar Kreasi Indonesia (sumber: penyelenggara)

“Produk yang terseleksi dibuat oleh tangan kreatif Indonesia, yang dengan cerdasnya memadukan material alam Indonesia, seperti kayu, rotan, dan bambu dengan tak lupa menonjolkan kekayaan budaya Indonesia. Kecerdasan tangan kreatif Indonesia yang menghasilkan penghargaan internasional,” imbuh Enggar lagi.

Sementara itu, Chairman of Plaza Indonesia Foundation, Arnes Lukman menyampaikan dukungannya atas program pemerintah ini, terutama pada sektor perdagangan. “Plaza Indonesia mendukung program pemerintah di sektor perdagangan dengan memberikan ruang bagi pelaku usaha untuk meningkatkan akses pasar ritel dan memamerkan diversifikasi produk yang siap bersaing tidak hanya di skala nasional, namun juga internasional. Ini merupakan inisiatif Plaza Indonesia untuk memberikan product experience dan akses kepada pelaku usaha agar siap masuk ke industri ritel yang sesungguhnya,” ungkap Arnes.

Pasar Kreasi Indonesia hadir dengan konsep pop-up store modern yang terintegrasi dengan kualitas, keunikan, dan segmentasi pasar. Kehadiran pelaku usaha dan merek lokal di pusat perbelanjaan premium ibukota ini menjadi bukti bahwa produk Indonesia memiliki diferensiasi dan keistimewaan sebagai tuan rumah di negeri sendiri yang tak kalah bersaing dengan merek internasional di Plaza Indonesia.

“Diharapkan ke depannya melalui kegiatan ini dapat meningkatkan nilai jual produk kreatif Indonesia di mata pembeli dan juga memperluas jejaring pemasaran usahanya,” ujar Enggar.