10 Bienial Seni Internasional 2018

0
501
Liverpool Biennale
Liverpool Biennale (Foto: biennial.com)

Tahun 2017 mendapat gelar sebagai tahun blockbuster bagi pencinta seni sebab sederet bienial seni penting berlangsung pada tahun tersebut.

Sebut saja Venice Biennale yang merupakan festival seni kontemporer terpenting di dunia; pameran seni kontemporer Documenta yang berlangsung tiap lima tahun di Kassel, Jerman; Skulptur Projekte Munster di Munster, Jerman tiap 10 tahun; dan pameran seni kontemporer Yokohama Triennale yang berlangsung tiap tiga tahun di kota pelabuhan Yokohama, Jepang.

Baca juga Dua Ruang Tintin Wulia di Venice Art Biennale

Venice Biennale yang berlangsung dari Mei hingga November 2017 dan telah menarik 650 ribu pengunjung. Angka tersebut naik 23 persen dari gelaran sebelumnya pada 2015, dan lebih dari setengahnya adalah pengunjung internasional.

Bagaimana dengan tahun ini?

Acara bienial seni internasional tahun ini patut juga masuk dalam kalender para penikmat seni dan masyarakat umum. Tak kurang 25 bienial seni dijadwalkan berlangsung pada 2018. Ada yang baru, ada pula yang sudah bertahun-tahun malang melintang di skena seni.

Berikut 10 bienial seni internasional pilihan Sarasvati yang patut didatangi pada tahun ini, diurutkan berdasar waktu penyelenggaraan: